Untuk proses Refund dan Reschedule Tiket KAI dapat dilakukan langsung melalui loket stasiun online KAI yang melayani pembatalan dan perubahan jadwal Tiket Kereta. Silahkan baca terlebih dahulu Prosedur Refund dan Reschedule Tiket KAI dibawah ini :

Prosedur Refund Tiket Kereta Api

  1. Proses pembatalan tiket hanya dapat dilayani di loket stasiun online yang melayani pembatalan, paling lambat dilakukan 1 jam sebelum keberangkatan KA atau bisa dibatalkan sebelum hari keberangkatan.
  2. Pemohon  terlebih dahulu mengisi formulir pembatalan tiket.
  3. Membawa identitas penumpang (asli dan fotocopy) serta tiket atau BoardingPass asli. Pembatalan tiket untuk keberangkatan sebelum masuk waktu Check-In (7×24 jam sebelum keberangkatan KA), calon penumpang terlebih dahulu melakukan proses pencetakan bukti transaksi (tiket blangko putih) dengan melampirkan struk, sms notifikasi, email notifikasi atau bentuk transaksi lainnya kepada petugas loket.
  4. Tiket yang dibatalkan lebih dari 1 penumpang namun dengan kode booking yang sama, maka cukup membawa kartu identitas salah satu penumpang.
  5. Pembatalan tiket diwakilkan, membawa surat kuasa yang bermaterai 6000, BoardingPass asli, serta identitas penumpang (asli dan fotocopy) yang namanya tertera ditiket. Bila pembatalan tiket yang diwakilkan lebih dari satu tiket cukup membawa identitas penumpang (asli dan fotocopy) dan surat kuasa atas nama salah satu penumpang, serta semua BoardingPass penumpang yang ingin dibatalkan.
  6. Biaya administrasi yang dikenakan adalah 25%, dana yang dikembalikan 75%.
  7. Pengambilan dana pembatalan, dapat diambil secara tunai setelah 30 hari sejak pembatalan atau dapat menggunakan cara transfer kepada pemohon pembatalan (proses ini membutuhkan waktu 30-45 hari), melalui bank yang telah ditetapkan (Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, CIMB Niaga).
  8. Selanjutnya pemohon menyerahkan formulir pembatalan yang telah lengkap kepada petugas verifikasi di loket atau customer service di stasiun pembatalan.
  9. Petugas akan melakukan pemeriksaan data, jika telah benar dan sesuai, formulir pembatalan akan distempel “VERIFIED”. Jika tidak memenuhi persyaratan atau terindikasi penyalahgunaan, petugas verifikasi berhak menolak permohonan pembatalan.
  10. Selanjutnya, pemohon menyerahkan formulir yang telah diverifikasi beserta dokumen pendukung, kepada petugas loket yang melayani pembatalan tiket.

Prosedur Reschedule Tiket Kereta Api

  1. Proses perubahan jadwal tiket hanya melalui loket stasiun online, selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan KA dan selama kursi masih tersedia.
  2. Mohon diperhatikan:
    a. Bila KA pengganti berangkat lebih dahulu dibandingkan KA awal, maka prosedur ini dilakukan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan KA pengganti.
    b. Bila KA awal berangkat lebih dahulu dibandingkan KA pengganti, maka prosedur ini dilakukan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan KA awal.
  3. Jika menggunakan perjalanan KA lokal, prosedur ini hanya dapat dilakukan melalui loket stasiun persinggahan KA lokal yang digunakan, selama pukul 09.00-16.00 WIB.
  4. Penumpang wajib:
    a. Mengisi formulir ubah jadwal yang berada di stasiun.
    b. Membawa BoardingPass atau bukti pembayaran, bila tiketnya belum/tidak bisa dicetak.
    c. Melampirkan fotokopi kartu identitas penumpang.
    d. Bila diwakilkan, perwakilan harus membawa identitas asli dan fotokopi milik penumpang.
  5. Penumpang dapat memilih posisi kursi atau kereta selama masih tersedia. Apabila tarif kereta pengganti lebih rendah dari tarif awal, maka selisih biaya tidak dikembalikan, namun apabila tarif kereta pengganti lebih tinggi dibandingkan tarif kereta awal, maka penambahan selisih biaya akan dikenakan kepada penumpang.
  6. Setiap penggantian jadwal ataupun perubahan tempat duduk dan kereta, dikenakan biaya administrasi sebesar 25% per kode booking (tiket) dari tarif tiket awal.

 

Sumber : Info KAI (https://tiket.kereta-api.co.id/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *