Kebijakan Refund Lion Air

Call Center +6280 4177 8899 atau +6221 6379 8000 (Indonesia)

Seluruh Rute
Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 4 jam sebelum keberangkatan sampai 90 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 90 hari setelah keberangkatan dapat memperoleh refund 100%.

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Subkelas U: PPN dan airport tax (pajak bandara) akan hangus
  • Subkelas O: PPN akan hangus
  • Subkelas R: airport tax (pajak bandara) akan hangus
  • Subkelas lainnya: penumpang akan mendapat refund penuh (100% dari tarif dasar tiket)

Untuk refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku.

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai

 


Kebijakan Refund AirAsia

Call Center +62 21 2927 0999 atau +62 804 1333 333 (Indonesia)

Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)
Seluruh Subkelas Tiket Dewasa, Anak-anak, dan Bayi tidak dapat di-refund. Silahkan hubungi Callcenter Airasia-nya

Pembatalan dari pihak Maskapai (reschedule/Force Majeure)
Refund harus diajukan langsung ke maskapai melalui Callcenter AirAsia

 


Kebijakan Refund Garuda

Call Center 08041-807-807 atau +62 21 2351 9999

Rute Domestik
Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Masa validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, J): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas D, I): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas Y): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas B, M): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas K, N): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas V, S, H, L): 7 hari setelah tanggal penerbangan

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Subkelas (F,J,C,Y)
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 20% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (D,I)
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 10% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (B,M)
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 30% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (K,N)
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 40% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (Q,T,V)
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 2 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan90% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)

Force Majeure (Bencana alam seperti badai, cuaca buruk)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.

Rute International

Refund untuk rute international hanya bisa dilakukan melalui MMBC. Silahkan komfirmasi kembali melalui Message Inbox / Whatsapp & Callcenter di nomer 085813052706

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

 


Kebijakan Refund Citilink

Call Center 08041080808 atau +6231-2931100

Seluruh Rute
Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung. Jika jadwal penerbangan diubah/dibatalkan oleh maskapai, masa validitas tiket adalah 3 bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Selain daripada itu, masa validitas tiket adalah hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund
Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa, Anak-anak, dan Bayi

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 4 jam sampai 1 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Berdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

 


Kebijakan Refund Sriwijaya

Call Center +62-21-29279777 atau 08041777777

Rute Domestik
Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Kelas Bisnis (Subkelas C, D, I): 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas O, U): 1 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas X, E): 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas G, V): 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas T, Q): 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas N, M): 21 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas L, K): 30 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas H, B): 60 hari setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Ekonomi (Subkelas W, S, Y): 90 hari setelah tanggal penerbangan

Refund juga tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Subkelas (C,D,I)
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (O,U)
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Subkelas (B,E,G,H,K,L,M,N,Q,S,T,V,W,X,Y)
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 25% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 72 jam sampai 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 60% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 12 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 70% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 12 jam sampai 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 20.000 per rute per penumpang.

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang berhak mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)

Untuk refund yang diajukan kurang dari 4 jam sebelum waktu keberangkatan, kebijakan refund karena alasan pribadi berlaku.

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.
  • Khusus untuk penerbangan domestik Indonesia, PPN dan biaya asuransi wajib yang termasuk dalam harga tiket tidak dapat di-refund.

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

 


Kebijakan Refund Xpress Air

Call Center 500 890

Seluruh Rute
Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Masa Validitas Tiket
Peraturan refund tergantung pada masa validitas tiket, yang dihitung sejak tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah:

  • Kelas Promo dan Normal: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Kelas Flexi: 1 bulan setelah tanggal penerbangan

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 3 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 75% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 3 jam sebelum keberangkatan sampai 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 90% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan hingga 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 95% dari tarif dasar tiket per penumpang

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 30 hari setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 100% dari harga total per penumpang

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

 


Kebijakan Refund Jetstar

Call Center +62 803 852 9779 atau 001 803 852 9779 (Indonesia)

Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

  • Seluruh Subkelas Tiket Dewasa, Anak-anak, dan Bayi tidak dapat di-refund. Silahkan hubungi Callcenter Jetstar-nya

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)
  • erdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan kebijakan dari maskapai, refund yang Anda ajukan dapat dikembalikan dalam bentuk credit shell yang bisa digunakan untuk membeli tiket yang lain. Untuk mengetahui tentang kebijakan credit shell ini, mohon menghubungi maskapai

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.

 


Kebijakan Refund Fly Scoot

Call Center +62-21-21889098 (Indonesia)

Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

  • Seluruh Subkelas Tiket Dewasa, Anak-anak, dan Bayi tidak dapat di-refund. Silahkan hubungi Callcenter Fly Scoot-nya

Dibatalkan/Jadwal Diubah oleh Maskapai

  • Penumpang mendapatkan refund penuh (100% dari tarif dasar per penumpang)

Force Majeure (Bencana Alam)

  • Berdasarkan peraturan PM 185 tahun 2015, refund karena force majeure akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10 – 20% per penumpang.

 


Kebijakan Refund Trigana

Call Center +62-21-8604867 atau +62-21-8604868 atau +62-21-8604869

Pembatalan dari pihak penumpang (alasan pribadi)

Masa Validitas Tiket
Refund harus dilakukan selama masa validitas tiket masih berlangsung, yang ditentukan berdasarkan tanggal keberangkatan. Tiket yang tidak dipakai dan telah melewati masa validitas tidak dapat di-refund. Periode validitas tiket adalah sebagai berikut:

  • Subkelas Y, A: 3 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas B: 2 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas C: 1 bulan setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas D, E: 14 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas F, G, H: 7 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas I, J, K, L: 3 hari setelah tanggal penerbangan
  • Subkelas M, N: 1 hari setelah tanggal penerbangan

Mohon diingat bahwa refund tidak dapat dilakukan jika penumpang telah melakukan check-in (di bandara atau online).

Seluruh Subkelas Tiket
Penumpang Dewasa dan Anak-anak

  • Refund yang diajukan lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 48 jam sampai 24 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi dan 50% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 24 jam sampai 3 jam sebelum keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi dan 75% dari tarif dasar tiket per penumpang.
  • Refund yang diajukan antara 3 jam sebelum keberangkatan sampai 24 jam setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan IDR 50.000 biaya administrasi dan 80% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Penumpang Bayi

  • Refund yang diajukan hingga 24 jam setelah keberangkatan dikenakan biaya pembatalan 100% dari tarif dasar tiket per penumpang.

Biaya dan jumlah refund bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika terjadi perubahan pada kebijakan maskapai.