Refund Tiket Pesawat

Bagaimana cara mengajukan refund lewat Message Inbox ?

Cara pengajuan refund lewat Message Inbox :

  1. Login ke https://transaksi.klikmbc.co.id/ (Sistem Transaksi MMBC)
  2. Masukan Username dan Password anda lalu klik tombol LOGIN
  3. Klik Menu (pojok kiri atas)
  4. Pilih Menu Message Inbox
  5. Isi pesan dengan format Refund Manual: Kode agen // Username // Refund // Kode Booking // Pesawat // Nama Penumpang yang di refund // Alasan
  6. Klik tombol KIRIM

Catatan:

  • Jika tidak ada Keterangan refund dari nama dan jumlah penumpang maka semua penumpang dalam 1 kodebooking tersebut dianggap melakukan refund
  • Staff MMBC akan mengecek terlebih dahulu potongan refund yang diajukan dan akan mengkomfirmasi Persetujuan Refund via telpon, jika tidak menjawab maka akan di infokan via email (refund anda belum di proses lebih lanjut).
  • Apabila staff MMBC sudah menginfokan potongan refund yang diajukan dan tidak ada komfirmasi kembali (dengan keterangan SETUJU direfund) dari pihak Agen maka kodebooking yang diajukan refund dianggap masih On Schedule (akan di pakai terbang) dan tidak jadi di proses refund.
  • Silahkan komfirmasi kembali melalui Message Inbox / Whatsapp & Callcenter di nomer 085813052706 jika dalam 30 menit belum ada info refund yang anda ajukan.

 

Berapa jumlah dana refund yang saya dapatkan?

Jika pembatalan dari pihak maskapai karena Reschedule atau peristiwa Force Majeure maka dana refund kembali bisa 100% Full NTA. Namun jika pembatalan dari pihak penumpang sendiri maka dana refund yang kembali sesuai dengan ketentuan potongan regulasi refund masing-masing maskapai. Total Biaya Refund dari maskapai akan dikenakan biaya admin MMBC sebesar Rp. 25.000/kode booking

 

Apa yang di maksud peristiwa Force Majeure?

Peristiwa seperti bencana alam (banjir, gempa bumi), epidemi, kerusuhan, pernyataan perang, perang, aksi militer, tindakan teroris, embargo, sanksi, perubahan undang-undang atau peraturan, petir, badai/topan/siklon, mogok kerja, demonstrasi, kebangkrutan atau kepailitan maskapai penerbangan atau hotel, dan sebagainya

 

Apakah bisa membatalkan hanya salah satu/ beberapa penumpang dalam 1 kode booking?

Bisa, silahkan cantumkan jumlah penumpang & nama salah satu/ beberapa penumpang yang ingin direfund pada saat proses pengisian form pengajuan refund. Dengan begitu yang di proses refund yaitu nama penumpang yang tertulis di form.

 

Berapa lama proses pencairan dana refund?

  1. Untuk refund yang di batalkan karena Reschedule/ peristiwa Force Majeure yang dilakukan dari pihak maskapai maka waktu pencairan refund mengikuti ketentuan maskapai (30-90 hari kerja).
  2. Untuk refund yang di batalkan dari pihak penumpang langsung ke MMBC, dengan catatan tiket pesawat belum digunakan pada jadwal penerbangan, proses refund akan cair ke deposit agen paling cepat 1×24 jam.
  3. Untuk refund yang di batalkan pihak penumpang melalui call center atau counter maskapai maka proses refund akan memakan waktu -+ 14-30 hari kerja, karena MMBC akan proses manual ke maskapai.
  4. Untuk refund yang di batalkan pihak penumpang namun tiket yang ingin dibatalkan tersebut sudah pernah di rechedule (dirubah jadwal dan sudah mendapatkan reservasi tiket baru). Maka proses pencairan dana refund bisa langsung ke kantor airlineya terdekat dan pengembalian uang refund langsung ke rekening penumpang.

 

Kemana dana refund saya akan kembali?

Pengembalian uang refund ke travel agen yang proses issued

 

Apakah setelah saya kirimkan form refund MMBC, tiketnya langsung di cancel?

Tidak, Staff MMBC akan mengecek terlebih dahulu potongan refund yang diajukan dan akan mengkomfirmasi Persetujuan Refund via telpon, jika tidak menjawab maka akan di infokan via email (refund anda belum di proses lebih lanjut). Apabila Agen setuju dengan info potongan yang di infokan via email, silahkan komfirmasi kembali ke pihak MMBC dengan memberikan keterangan Setuju untuk di Refund melalui Message Inbox / Whatsapp & Callcenter di nomer 085813052706.

 

Apakah pengajuan refund dapat dibatalkan?

Jika kode booking sudah di proses refund tidak bisa di on-schedule kan (digunakan) kembali. Apabila terjadi kesalahan pengisian Refund yang dilakukan oleh Agen maka itu di luar tanggung jawab MMBC dan potongan biaya Refund yang akan dicairkan oleh MMBC ke deposit anda adalah ketentuan dari maskapai dan MMBC.

 

Kapan sebaiknya saya mengajukan refund untuk tiket pesawat?

Sebaiknya Refund diajukan dalam masa validitas tiket (sebelum terbang). Jika masa validitas tiket sudah lewat (tidak dipakai terbang), Anda sudah tidak bisa lagi mengajukan refund (untuk sebagian besar maskapai) . Selain itu, refund juga tidak dapat berlaku jika sudah melakukan check in (di bandara maupun online).

 


Reschedule Tiket Pesawat

Cara pengajuan reschedule lewat Message Inbox :

  1. Login ke https://transaksi.klikmbc.co.id/ (Sistem Transaksi MMBC)
  2. Masukan Username dan Password anda lalu klik tombol LOGIN
  3. Klik Menu (pojok kiri atas)
  4. Pilih Menu Message Inbox
  5. Isi pesan dengan format Reschedule Manual: Kode agen // User name // Reschedule // Pesawat // Kode booking // Jadwal lama tgl dan jam // Nama penumpang yg direcshedule // Jadwal baru tgl dan jam // Keterangan
  6. Klik tombol KIRIM

Catatan:

  • Jika tidak ada Keterangan reschedule dari nama dan jumlah penumpang maka semua penumpang dalam 1 kodebooking tersebut dianggap melakukan reschedule
  • Staff MMBC akan mengecek terlebih dahulu biaya reschedule yang diajukan dan akan mengkomfirmasi Persetujuan Reschedule via telpon, jika tidak menjawab maka akan di infokan via email (reschedule anda belum di proses lebih lanjut).
  • Apabila staff MMBC sudah menginfokan biaya reschedule yang diajukan dan tidak ada komfirmasi kembali (dengan keterangan SETUJU direschedule) dari pihak Agen maka kodebooking yang diajukan reschedule dianggap masih On Schedule (tetap jadwal lama) dan tidak jadi di proses reschedule.
  • Silahkan komfirmasi kembali melalui Message Inbox / Whatsapp & Callcenter di nomer 085813052706 jika dalam 30 menit belum ada info reschedule yang anda ajukan.

 

Apakah semua penerbangan bisa di Reschedule?

Tidak semua penerbangan bisa di Reschedule, tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

 

Apa bisa merubah rute penerbangan?

Hanya beberapa maskapai yang mengizinkan untuk Reroute / merubah rute penerbangan, tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Untuk proses Reroute silahkan hubungi langsung call center maskapai yang digunakan.

 

Untuk tiket Pergi- Pulang, apakah mungkin untuk merubah hanya separuh perjalanan?

Hanya beberapa maskapai yang mengizinkan reschedule untuk penerbangan pergi-pulang. tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

 

Apakah bisa merubah hanya salah satu/ beberapa penumpang dalam 1 kode booking?

Bisa, silahkan cantumkan jumlah penumpang & nama salah satu/ beberapa penumpang yang ingin direschedule pada saat proses pengisian form pengajuan reschedule. Dengan begitu yang di proses reschedule yaitu nama penumpang yang tertulis di form

 

Apakah kode booking (salah satu/ beberapa penumpang yang direschedule) masih sama?

Berbeda, nanti staff MMBC akan informasikan kode booking pemisah (split) nya untuk salah satu / beberapa orang yang di reshcedule tersebut.

 

Apakah ada biaya tambahan untuk Reschedule?

kemungkinan ada biaya tambahan dari setiap proses pengajuan Reschedule, tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

 

Bagaimana proses pembayaran biaya Reschedule melaui MMBC?

Proses pembayaran biaya Reschedule akan memotong saldo agen, jadi pastikan saldo anda mencukupi untuk proses reschedule.

 

Apakah ada batas waktu untuk melakukan Reschedule?

Proses pengajuan Reschedule paling lambat/maksimal 1 x 24 jam sebelum jadwal penerbangan.

 

Berapa lama waktu untuk mendapat e-tiket baru setelah di proses Reschedule?

E-tiket baru akan di kirim dalam jangka waktu -+ 30 menit setelah proses pembayaran Reschedule dikonfirmasi. Khusus untuk maskapai Lion Air e-tiket dengan jadwal baru akan di kirim setelah pembayaran manual ke kantor Lion air oleh pihak MMBC -+ 1×24 jam.